24 Juni 2014

Posted by Lorong Teater Subang On 20:26
Apasih hal yang penting dalam pemerenan?


Apa hayooo? Yang paling penting adalah konsentrasi!
Mari baca pembahasan berikut, mengapa konsentrasi menjadi hal yang penting untuk pemeranan^^

Pengertian konsentrasi secara harfiah adalah pemusatan pikiran atau perhatian.
Lalu kosentrasi dalam bermain drama untuk apa? Jawabannya adalah untuk fokus terhadap peran.
Pusat perhatian seorang aktor adalah tokoh yang akan dimainkannya. Jadi, segala sesuatu yang mengalihkan perhatian seorang aktor, cenderung dapat merusak proses pemeranan. Maka, konsentrasi menjadi sesuatu hal yang penting untuk pemeran.
Tujuan dari konsentrasi ini adalah untuk mencapai kondisi kontrol mental maupun fisik di atas panggung. Ada hubungan yang sangat dekat antara pikiran dan tubuh. Seorang aktor harus dapat mengontrol tubuhnya setiap saat. Dengan konsentrasi yang baik, aktor akan dapat mengubah dirinya menjadi orang lain, yaitu tokoh yang dimainkannya.
Dunia teater adalah dunia rekaan atau bisa disebut fiksi. Dengan kekuatan konsentrasi yang baik, para aktor bisa mewujudkan dunia fiksi itu seolah-olah menjadi nyata. Jadi, pada saat aktor akan membawakan suatu peran misalnya sebagai seorang nenek, baik itu dalam latihan atau pementasan, konsentrasikan pikiran kita pada hal tersebut. Jangan sekali-kali memikirkan yang lain.
Ketika aktor tersebut benar-benar memfokuskan pikirannya, itu akan membuat orang lain tertarik kepada pemeranan aktor tesebut.

Jadi buat yang ingin menjadi aktor, harus bisa konsentrasi dan tetap fokus terhadap perannya yaa:D

“The actor is an athlete of the heart.”

 

0 comments:

Posting Komentar