14 Juni 2016

Posted by Lorong Teater Subang On 11:25
Ditulis ulang oleh: Lorong Teater

Macam-macam gesture yang dapat dipahami orang lain adalah gesture dengan tangan, gesture dengan badan, gesture dengan kepala dan wajah, dan gesture dengan kaki. Bahasa tubuh atau gesture dengan tangan adalah bahasa tubuh yang tercipta oleh posisi maupun gerak kedua tangan. Bahasa tubuh yang tercipta oleh kedua tangan merupakan bahasa tubuh yang paling banyak jenisnya. Bahasa tubuh dengan tubuh adalah bahasa tubuh yang tercipta oleh pose atau sikap tubuh seseorang. Bahasa tubuh dengan kepala dan wajah adalah bahasa tubuh yang tercipta oleh posisi kepala maupun ekspresi wajah. Sedangkan bahasa tubuh dengan kaki adalah bahasa tubuh yang tercipta oleh posisi dan bagaimana meletakkan kaki.

Gesture dengan tangan
ü Tangan membentuk piramid menandakan sikap percaya diri, dan punya pendapat yang diyakini kebenarannya.
ü Menggaruk belakang kepala atau leher menandakan kesan bohong atau ragu. Kesan ini akan lebih kuat jika dibarengi dengan memalingkan muka dari lawan bicara kita.
ü Meletakkan tangan seperti bertopang dagu menandakan kondisi seseorang sendang menganalisis atau menimbang pembicaraan orang lain. Hindari meletakkan tangan seperti saat emndengarkan lawan bicara kalau itu tidak mendukung suasana permainan
ü Menjulurkan tangan kepada lawan bicara dengan telapak tangan diatas, menandakan kesan jujur dan terus terang. Saat mengatakan suatu fakta atau menaggapi tuduhan yang tidak benar, lakukan hal ini dengan disertai senyuman datar.
ü Touch atau menyentuh, menandakan orang mulai merasa akrab. Gesture ini bisa dimanfaatkan untuk mempercepat keakraban dengan memberikan sentuhan berupa jabat tangan di awal pertemuan. Sentuhan akan dianggap netral bila dilakukan di punggung tangan dan dilakukan sealami mungkin serta tak kelihatan bernafsu. Jika sentuhan dilakukan di lain tempat (leher, kepala, bahu, sepanjang lengan) menandakan suatu keintiman. Hal ini hanya boleh dilakukan bila keadaan dan suasana yang ingin diciptakan memang benar-benar suasana intim.
ü Memukul anggota badan menandakan sendang lupa sesuatu. Misalnya, memukul kepala, dahi, atau paha.
ü Penguasaan gerakan tangan yang sesuai dengan perkataan menandakan pembicara adalah orang berfikir visual. Manfaat dari penguasaan tangan ini adalah untuk meningkatkan impresi kata-kata serta pembicaraan lebih mudah untuk diingat.
ü Gesture dengan tangan merupakan gesture paling banyak yang dapat diciptakan. Apalagi kala dikombinasikan dengan jari-jari. Misalnya, gerakan tangan dengan jari-jari yang dikepal menandakan ingin memukul, acungan ibu jari ke atas menandakan baik. Akan tetapi, kalau ke bawah menandakan meremehkan dan masih banyak lagi sesuai dengan budaya masing-masing.

Gesture dengan badan
ü  Posisi badan terbuka menandakan seseorang merasa terbuka dan percaya diri. Jika posisi ini dibarengi dengan menyilangkan kaki (kalau duduk), memasukkan tangan ke dalam saku atau ditaruh di belakang badan, dan memeluk barang cara defensif, maka berarti seseorang sedang tertutup dan sedang tidak ingin diganggu.
ü Froward leban atau tubuh condong ke depan ke arah lawan bicara menandakan kita tertarik dengan materi pembicaraan yang sedang berlangsung. Selain itu, posisi ini membuat lawan bicara merasa nyaman. Gesture ini bisa dilakukan dengan mencondongkan badan menghadap lawan bicara atau kalau di samping lawan bicara, berarti bisa dilakukan agak memiringkan badan ke arah lawan bicara.
ü Gesture ini termasuk jarak berdiri dalam berkomunikasi atau personal space. Gesture dengan jarak berdiri ini ada bermacam-macam dan harus menyesuaikan dengan budaya komunikasi tersebut. Misalnya, orang Amerika, Eropa, Australia, personal spacenya minimal dua meter jadi lebih berjarak tetapi bagi orang-orang Timur tengah dan Asia personal spacenya lebih dekat dan tidak terlalu berjarak untuk menandakan keakraban.

Gesture dengan kepala
ü Gesture senyum menandakan perasaan seseorang sedang senang hati, nyaman, dan setuju dengan komunikasi tersebut. Penggunaan senyum ini adalah senyum lebih dahulu berarti merangsang orang untuk cocok dengan kita, gabungan senyum dengan anggukan kepala menandakan persetujua.
ü Gesture anggukan kepala menandakan persetujuan, afirmasi, akrab, dan suka.
ü Gesture dengan kontak mata menandakan keterbukaan dan adanya keterusterangan. Manfaat gesture ini adalah meningkatkan kepercayaan lawan bicara pada kita dengan cara selalu bertatapan dengan mata lawan bicara secara hangat. Kontak mata ini harus dilakukan di daerah sekitar area mata dan hidung. Jangan memainkan mata atau tatapan mata di daerah erotis, karena akan bermakna lain.

Gesture dengan kaki
ü Posisi berdiri dengan arah telapak kaki terbuka menandakan keterbukaan ide-ide dari orang lain. Sebaliknya, kalau arah telapak tertutup dan dibarengi dengan posisi tangan dilipat di dada menandakan sikap tertutup terhadap ide-ide dari luar.
ü Posisi duduk dan mengangkat satu kaki dan kedua tangan di belakang kepala menandakan seseorang merasa dominan, menantang, dan seolah-olah berkuasa.

Sumber:

Santosa, E., Subagiyo, H., Ardianto, H., Arizona, N., & Sulistiyo, N. h. (2008). Seni teater jilid 2. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

0 comments:

Posting Komentar